Membela The Big Blind Multiway

Salah satu kesalahan terbesar yang saya lihat pada pemain lemah adalah mereka mempertahankan big blind terlalu lebar saat menghadapi aksi multi arah. Pada artikel hari ini saya ingin membahas penyesuaian yang perlu dilakukan saat memanggil di multiway buta besar.

Poker adalah permainan yang terus berkembang, 5-6 tahun yang lalu, semua orang melipatgandakan tirai besar mereka menjadi terlalu bagus dari harga preflop dan memberikan terlalu banyak EV. Dalam 2-3 tahun terakhir, pemain telah menangkap tren ini dan sekarang mereka mungkin terlalu banyak mempertahankan buta besar mereka dengan tangan yang terlalu lemah. Mereka terlalu menyesuaikan menurut pendapat saya. Situasi spesifik yang akan kita bahas hari ini adalah kesalahan terbesar yang dapat mereka buat. Dalam contoh hari ini, kita akan membahas situasi sederhana di mana Posisi Tengah dinaikkan menjadi 2.5bb, tombol panggilan datar dan kita berada dalam blind besar. Kami akan menganggap kami memiliki kedalaman 100bb dalam semua situasi.

Sebelum kita masuk ke intinya, mari kita bicara tentang situasi yang lebih sederhana. Mari kita asumsikan pemain Posisi Tengah terangkat dan tidak ada yang memanggil dan kita sekarang menutup aksi di pot kepala ke atas di BB. Kami akan menggunakan alat yang sangat kuat, Power Equiliab, untuk membantu kami menganalisis situasi. Beberapa matematika dasar terlebih dahulu untuk menghitung peluang pot kami. Kami menghadapi kenaikan 2,5bb dari LJ. Ada 2.5bb + 1.5bb dalam pot dari tirai dan antes dan kita harus memanggil 1.5bb lagi. Oleh karena itu, kita harus mengambil risiko 1.5bb untuk memenangkan 4bb + 1.5bb kita yang berarti kita membutuhkan ekuitas 27%. Kita harus memanggil dengan semua tangan dengan ekuitas lebih dari 27% vs kisaran pembukaan MP setelah memperhitungkan realisasi ekuitas.

Dalam contoh sederhana ini, kita akan melihat K8o. Di bawah ini Anda akan melihat kisaran MP yang saya tetapkan dan ekuitas yang dimiliki K8o terhadap kisaran itu.

Seperti yang Anda lihat, dengan ekuitas 37%, kami memiliki kesepakatan yang jelas dengan K8o. Kami harus menyadari setidaknya 70% dari pasca gagal ekuitas kami untuk menjadikannya pembelaan yang wajar. K8o tidak memiliki permainan terbaik, tetapi kita harus dapat merealisasikan ekuitas yang cukup. Jika Anda melihat grafik GTO mana pun, K8o adalah panggilan yang jelas di sini.

Sekarang kita telah menjelajahi contoh sederhana menghadapi situasi awal, apa yang terjadi ketika tombol panggilan datar dan sekarang kita memiliki keputusan yang sama dengan K8o. Pertama, mari kita hitung ulang peluang pot kita. Kami harus memanggil 1.5bb untuk memenangkan 1.5 + 2.5 + 2.5 + 1.5 = 8. Kami mendapatkan peluang pot yang lebih baik dan sekarang membutuhkan sekitar 19% ekuitas untuk membenarkan panggilan preflop. Dalam situasi awal di atas, kami membutuhkan 27%. Sebagai referensi, 72o memiliki ekuitas 27% versus MP yang terbuka di pot utama.

Untuk contoh ini, kami akan memberikan tombol rentang panggilan dingin berikut dan membiarkan rentang MP tidak tersentuh.

Di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa tangan acak dalam situasi ini memiliki sekitar 25% ekuitas untuk dipanggil dengan peluang pot kami yang lebih baik, lebih dari cukup untuk memanggil preflop yang Anda pikirkan.

Di sini Anda dapat melihat bahwa K8o hanya sedikit lebih buruk daripada hand acak. Ini karena K8 sekarang sangat didominasi karena 2 kemungkinan rentang dapat berisi pegangan yang mendominasi kita.

Perhitungan ini tidak memperhitungkan peluang tersirat terbalik atau realisasi ekuitas. Jika Anda menggunakan alat pemecah, Anda akan menemukan bahwa EV K8o secara drastis lebih rendah daripada ekuitas / saham pot karena realisasi ekuitas yang sangat buruk.

Dalam situasi awal, kami dapat dengan mudah menghubungi K8 karena kami akan cukup menyadari ekuitas kami. Sementara pemain dalam posisi akan bermain melawan kami dan mencuri EV dari kami dengan membuat keputusan yang lebih tepat, kami masih menyadari ekuitas yang cukup untuk membenarkan panggilan preflop kami. Namun, dalam situasi multi arah, kami menyadari bahkan ekuitas LEBIH KURANG daripada situasi awal. Ini karena dalam pot kepala ke atas, Anda sering kali bisa menang dalam pertarungan dengan 1 pasang atau kartu tinggi yang kuat seperti A tinggi. Multiway namun ambang tangan yang dibutuhkan untuk menang saat showdown lebih tinggi. Anda membutuhkan pasangan yang lebih kuat atau mungkin 2 pasangan untuk menang di showdown karena ada lebih banyak pemain di pot. K8o adalah tangan yang sangat buruk untuk mencoba membuat lebih baik dari 1 pasang. Kita tidak bisa membuat 2 kartu siram atau 2 kartu lurus. K8o melakukannya dengan baik di posisi awal karena pasangan yang dibuatnya, tetapi berjuang di tempat multi-jalur.

Kita harus memilih untuk melipat tangan seperti K8o, A8o, dan bertahan dengan tangan seperti 65o, 64o dan berbagai kombo yang cocok yang memiliki peluang lebih baik untuk menghasilkan lebih baik dari 1 pasang dan dapat mewujudkan ekuitas mereka lebih baik. Ini adalah konsep yang sangat penting yang disalahpahami oleh para pemain. Sebagian besar pemain bertahan LEBIH LUAS ketika lebih banyak pemain berada di pot karena peluang pot, di mana mereka harus benar-benar bertahan lebih ketat atau setidaknya lebih selektif dalam jenis tangan yang mereka pertahankan.

Kesimpulannya, berhati-hatilah dalam mempertahankan multi way dengan kepemilikan yang lemah yang hanya dapat membuat 1 pasang tangan lemah. Anda ingin mempertahankan multiway dengan tangan yang memiliki peluang lebih baik untuk membuat kartu lebih besar dari 1 pasang. Tangan ini akan memiliki EV yang lebih tinggi dalam pot multiway.

Semoga sukses di meja

Matt